Kamis, 08 Juni 2017

Pak Harto dan Karier Militer yang Moncer Setelah Tidak Terbukti Setelah Diterpa Isu Korupsi!! Baca selengkapnya...


DOMINO206.COM - Soeharto mengaku pernah frustrasi karena karier militer di awal kemerdekaan terbilang mentok. Tapi, ketika kemudian berhasil menggapai jabatan panglima dengan pangkat kolonel, dia diterpa isu tak sedap: kasus korupsi. 

"Pada 1959 Soeharto pernah dicopot sebagai Panglima Diponegoro dan dipindahkan ke Bandung untuk belajar di Seskoad," kata sejarawan Peter Kasenda kepada BANDAR-Q Kamis (8/6/2017).

Turut dicopot dari Diponegoro, ketiga anak buahnya, yakni Yoga Sugama, Ali Moertopo, dan Sudjono Humardani. Menurut Peter, Sudjono merupakan staf Soeharto bidang ekonomi yang mengusulkan dibuatnya 'Yayasan 4 Teritorium' yang membantu para prajurit dan 'Yayasan Pembangunan 4 Teritorium' untuk membantu masyarakat umum. 

Selain itu, Ibu Tien sebagai istri panglima aktif membantu para istri prajurit dengan memberikan berbagai keterampilan. "Ide bisnis itu sebetulnya bagus, cuma pelaksanaan di lapangan terjadi penyimpangan," kata Peter.

Hukuman Soeharto dengan disekolahkan ke Seskoad Bandung, lanjut Peter, tak lepas dari campur tangan Jenderal Gatot Subroto. Tanpa perlindungan dari Gatot, niscaya Soeharto akan mendapat hukuman lebih berat dari Jenderal AH Nasution, yang dikenal sangat keras terhadap praktik korupsi.

Kenapa Gatot melindungi Soeharto? Menurut  BANDAR-Q karena sang jenderal punya anak angkat bernama Bob Hasan, yang banyak melakukan bisnis di lingkungan Kodam Diponegoro. Selama ini, informasi yang banyak beredar Soeharto cuma menjalin bisnis dengan Liem Sioe Liong alias Sudono Salim. 

"Padahal juga dengan Bob Hasan," ujar penulis buku 'Soeharto, Bagaimana Ia Bisa Melanggengkan Kekuasaan Selama 32 Tahun' itu. 

Pendapat berbeda disampaikan Probosutedjo, adik tiri Soeharto. Menurut dia, tuduhan bahwa sang kakak melakukan korupsi sebetulnya tidak benar. Tuduhan itu dilontarkan Mayor CPM Soenarya, yang kemudian terbukti sebagai simpatisan BANDAR-Q

Saat menjadi Panglima Teritorium IV Diponegoro menggantikan Kolonel M Bachrum pada 1957, tudingan tak sedap tertuju kepada Soeharto. Ia dituding melakukan korupsi.

Probosutedjo mengakui Soeharto menjual besi-besi tua dari aset tentara yang sudah terbengkalai. Tapi uang hasil penjualan besi-besi tua itu bukan untuk kepentingan pribadi. 

"Uangnya digunakan untuk meningkatkan ekonomi anak buahnya, terutama yang berpangkat rendah," kata Probosutedjo dalam buku 'Dari Pak Harto untuk Indonesia'.

Selama di Bandung, dia melanjutkan, sang kakak belajar bersama Jenderal Sutojo Siswomihardjo, yang kemudian menjadi salah satu korban Gerakan 30 September 1965. Di Seskoad, Soeharto banyak mempelajari teori strategi militer yang belum pernah dipelajari sebelumnya. 

Dari situ karier militer Soeharto justru kian moncer. Pada 1 Januari 1960, dia dipromosikan menjadi brigadir jenderal dan menjadi Deputi Kepala Staf Angkatan Darat 11 bulan kemudian. Pada tahun itu pula dia dipercaya mengadakan hubungan dengan para atase militer di Beograd, Paris, dan Bonn. 

"Pada lawatan itu ada cerita bahwa Pak Harto sempat kehilangan topi," kata Probosutedjo. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar